SILAHKAN ISI BUKU TAMU



Rabu, 26 Mei 2010

TUGAS POLA DAN PRODUK Komunikasi

1. Struktur Dasar Kebudayaan (Domaine Culture) yang dapat mempengaruhi Pola Komunikasi dalam Masyarakat (Society) atau Individu

JAWAB
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.
Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.


SUKA BLOG KU???

 


Dari definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, yang dapat mempengaruhi pola komunikasi antara lain sebagai berikut:
1. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski, menyebutkan kebudayaan memiliki 3 unsur pokok, yang mempengaruhi pola komunikasi Masyarakat yaitu:
 Alat-alat teknologi
CONTOH : Perkembangan Zaman telah menghasilkan banyak kemajuan, seperti munculnya berbagi media Informasi dan komunikasi seperti Televisi, Internet, Handphone dan alat-alat Interaksi komunikasi lain yang membuat mudahnya terjadi kesenjangan karena pada zaman dahulu untuk mendapatkan informasi Masyarakat atau Individu jika ingin mendapatkan Informasi, maka harus terjun langsung ke lokasi dimana dimana tempat terjadinya suatu peristiwa.
 Sistem ekonomi
CONTOH : Pada Zaman dahulu sebelum munculnya Uang orang melakukan Barter untuk memenuhi kebutuhan ekonomi namun saat ini orang memerlukan uang untuk bisa memenuhi kebutuhan ekonomi.

 Struktur Kekuasaan
CONTOH : Pada Zaman dahulu orang menganggap raja adalah Tuhan didunia dan harus dihormati tanpa ada kritikan dan masukan, namun jika pada saat ini kebebasan pers dan demokratisasi merubah pola pemikiran dan sikap bahwa segala sesuatu memiliki persamaan, dimana menyebabkan masyarakat biasa harus tetap memamtau sekaligus mengkritisi Pemimpin (Raja atau President).
2. Deskripisikan Aspek-aspek yang dapat mempengaruhi Perubahan Sistem Komunikasi, kelompok atau Individu.

JAWAB

A. Muncul pada kelompok masyarakat Struktur sosial hanya bisa muncul pada individu-individu yang memiliki status dan peran. Status dan peranan masing-masing individu hanya bisa terbaca ketika mereka berada dalam suatu sebuah kelompok atau masyarakat. Pada setiap sistem sosial terdapat macam-macam status dan peran indvidu. Status yang berbeda-beda itu merupakan pencerminan hak dan kewajiban yang berbeda pula, dan berdampak pada perubahan pola komunikasi.

B. Berkaitan erat dengan kebudayaan Kelompok masyarakat lama kelamaan akan membentuk suatu kebudayaan. Setiap kebudayaan memiliki struktur sosialnya sendiri. Indonesia mempunyai banyak daerah dengan kebudayaan yang beraneka ragam. Hal-hal yang memengaruhi perubahan pola komunikasi masyarakat adalah sbb:
 Keadaan geografis, Kondisi geografis terdiri dari pulau-pulau yang terpisah. Masyarakatnya kemudian mengembangkan bahasa, perilaku, dan ikatan-ikatan kebudayaan yang berbeda satu sama lain.
 Mata pencaharian Masyarakat memiliki mata pencaharian yang beragam, antara lain sebagai petani, nelayan, ataupun sektor industri.
 Pembangunan Pembangunan dapat memengaruhi struktur sosial masyarakat Indonesia. Misalnya pembangunan yang tidak merata antra daerah dapat menciptakan kelompok masyarakat kaya dan miskin.

C. Dapat berubah dan berkembang Masyarakat tidak statis karena terdiri dari kumpulan individu. Mereka bisa berubah dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Karenanya, struktur yang dibentuk oleh mereka pun bisa berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Dan ini menyebabkan perubahan komunikasi juga tetap terjadi.

3. Contoh-contoh Produk Komunikasi

MAAF BELUM LENGKAP... SILAHKAN LENGKAPI SENDIRI...
Bagikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Coment No Cry