SILAHKAN ISI BUKU TAMU



Rabu, 26 Mei 2010

konsep PEMBELAJARAN model degeng


Desain pembelajran model ini muncul dilatar belakangi tentang adanya pengaruh penberian rangkuman pelajaran kepada para siswayang bisa meningkatkan kecerdasan anak didik.Kajian teoritik,rangkuman merupakan salah satu komponen teori elakurasi dalam teori pembelajaran dan desain pembelajaran.
Jadi dalam model ini ”rangkuman di buat sebagai strategi yang dapat mempengaruhi hasil belajar termasuk retensi atau daya ingat,dalam rangka mengkaji pengaruh rangkuman terhadap hasil belajarSebagai landasan teori ”merrel dan stolurow(degeng 1997)menyimpulkan ”pemberian rangkuman yang di tata secara hirarkis penyajian seluruh isi,menyebabkan anak didik lebih cepat menerima materi dan transfer ilmu yang lebih baik.
Kesimpulan
Bahwa pengaruh”rangkuman”terhadap hasil belajar dan retensi pelajaran menunjukkan hasi yang sangat signifikan artinya rangkuman mampu meningkatkan hasil belajar dengan daya ingat yang lebih lama terhadap isi materi.



SUKA BLOG KU???

 


Dalam analisis tujuan dan kraktrsistik isi maka dalam suatu standar kurikulum menentukan tujuan materi yang akan di capai supaya materi pelajaran itu bisa terselesaikan dan bisa menguasai isi dari materi.
Apakah sudah tercapai apa belum,setelah sekup ini tercapai maka di lanjutkan ke buku-buku belajar sesuai sekup karaktristik isi,karena buku sumber utama dari isi materi,setelah tercapainya 2 sekup tadi maka mulai kita melihat dan mentelaah bagaimana karaktristik siwa,disitu kita harus melihat stuasi dan kondisi dalam menyalurkan isi dari buku-buku tersebut.
Setelah memahami ketiga point tadi maka mulai menetapkan tujuan dan isi materi yang sudah tepat cara pembelajarannya kemudian kita melihat strategi-strategi yang akan di gunakan dalam menyampaikan materi(misal menyampaikan belajar sambil bermain dll)kemudian srategi pengorganisasian yaitu bagaimana seorang guru itu bisa mendahulukan mana yang perlu di dahulukan dan mana yang prelu di belakangkan sehingga dapat memberikan arah yang detail sampai pada tingkat produk atau pemahaman yang jelas.
Kemudian penetapan strategi pengelolaan di dalam ruangan yang akan mampu memberikan mereka dorongan untuk tetap bisa menerima materi dengan baik agar dapat tercapainya standar kurikulum yang sudah di tentukan sebelumnya.

DOWNLOAD MAKALAH SELENGKAP-NYA DISINI

Bagikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Coment No Cry