SILAHKAN ISI BUKU TAMU



Kamis, 20 Mei 2010

KEADAANDESA LOANG MAKA KEC. JANAPRIA KAB. LOTENG

KEADAAN SOSIAL, BUDAYA (SOSBUD) DAN AGAMA MASYARAKAT DESA LOANG MAKA
KEC. JANAPRIA KAB. LOTENG

A. Keadaan Sosial
Masyarakat Loang Make Kec. Jana Pria Kab. Lombok Tengah, merupakan suatu komunitas masyarakat yang memiliki mata pencahariaan utama sebagai Petani. Sebagai suatu komunitas masyarakat petani yang hidup masih dalam kungkungan keadaan pedesaan, membuat pola hidup masyarakat Loang Maka masih saling terikat satu dengan yang lainnya. Hal ini dibuktikan sikap dan pola hidup gotong royong yang selalu diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat dan merupakan suatu cerminan dari pola keasrian yang belum terjamah oleh realitas keadaan Modern.
Namun tidak dapat dinafikan bahwa keadaan desa dan pola gotong royong, membuat kehidupan masyarkat Loang Maka dikatakan tentram, karena sebagai bagian dari system kehidupan, masyarakat loang maka yang sebagian besar mata pencahariannya adalah sebagai petani sekaligus pengrajin rotan, dan hidup dalam standarisasi ekonomi menengah kebawah membuat pola dan kehidupan masyarakat menjadi keras, ini dibuktikan dengan sering terjadinya tawuran antara warga.
Dibawah ini penulis akan mencoba menggambarkan beberapa item penting dalam dan merupakan bagian dari kehidupan bermasyarakat ditinjau dari segi Ekonomi dan Pendidikan Masyarakat Loang Maka.
A. Keadaan Ekonomi
Sebagai Masyarakat yang hidup dari hasil bertani dan pengrajin Rotan, ekonomi Masyakarakat Loang Maka dapat dikatakan cukup stabil, karena hampir sebagai besar Masyarakatnya hidup dalam garis menengah. Walau pada secara realitas kasus pencurian sering terjadi didaerah tersebut, tapi menurut pengakuan oknum yang melakukan pencurian atau perampokan bukan Masyarakat dari desa Loang Maka.


SUKA BLOG KU???

 



B. Pendidikan
Jika ditinjau dari Pendidikan formal yang berjenjang dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi. Maka dapat dikatakan bahwa hampir setiap warga Loang Maka mempu mengenyam pendidikan wajib 9 tahun, dan bahkan tidak sedikit dari warga Loang Maka yang melanjutkan pendidikan mereka kejenjang yang lebih tinggi.

B. Budaya Masyarakat
Dalam aspek kebudayaan, masyarakat yang tinggal di Desa Loang Maka, merupakan masyarakat cukup heterogen yang pada umunya adalah masyarakat Lombok yang masih kental dengan budaya dan tradisi-tradisi klasik yang masih dijaga kelestariannya hingga kini.
Adapun beberapa jenis tradisi yang yang masih dilestarikan didesa Loang Maka adalah budaya bertani, pengrajin rotan dan pola hidup gotong-royong. Kemudian kebudayan seperti Kecimol, Gendang Beleq, Rudat, Joget, dan tradisi nyongkolan yang masih tetap dilestarikan dan merupakan simbol kehidupan dari masyarakat Loang Maka.

C. POLA KEHIDUPAN BERAGAMA
Masyarakat Loang Maka yang yang seluruhnya beragama islam, merupakan masyarakat yang masih kental dengan tradisi-tradisi keislaman, hal ini dapat dilihat dari beberapa jenis tradisi Islam yang masih dipertahankan dan dilestarikan seperti, Pengajian yang diupayakan sebagai pemersatu warga, kemudian dakwah Islamiyah yang ditujukan sebagai upaya untuk membangun fondasi keagamaan warga Loang Maka. Tidak hanya itu didesa Loang Maka juga terdapat beberapa Pondok Passantren yang menggambarkan sisitem pendidikan keislaman yang tetap terjaga dan terawat.
Bagikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Coment No Cry