SILAHKAN ISI BUKU TAMU



Sabtu, 15 Mei 2010

ANATOMI TUMBUHAN

1.Pengertian Anatomi Tumbuhan
Anatomi tumbuhan adalah kajian tentang letak dan fungsi organ dalam pada tumbuh-tumbuhan (Estiti, 1995). Sutrian (2004) menyatakan bahwa anatomi tumbuhan mengkaji tentang susunan dan bentuk-bentuk bagian dalam organ-organ tumbuhan
Berdasarkan definisi di atas, tampak bahwa anatomi tumbuhan tidak hanya mengkaji tentang letak dan fungsi tumbuhan, tetapi juga mengkaji tentang susunan dan bentuk-bentuk organ dalam tumbuh-tumbuhan.


SUKA BLOG KU???

 


6.2.Sistem Jaringan pada Tumbuhan
Unit terkecil tumbuhan adalah sel, kumpulan sel disebut jaringan. Jaringan yang terdiri atas sel-sel yang sama bentuk dan fungsinya disebut jaringan sederhana; sedangkan jaringan yang terdiri atas lebih dari satu macam sel namun asalnya sama disebut jaringan kompleks atau jaringan majemuk (Estiti, 1995).
Dalam tahun 1875, Sachs membagi jaringan dalam tiga sistem, yakni sistem dermal, sistem jaringan pembuluh, dan sistem jaringan dasar. Sistem dermal terdiri atas epidermis, yang merupakan pelindung pertama (primer) untuk bagian luar tubuh tumbuhan, dan periderm, yang menggantikan epidermis pada tumbuhan yang mengalami pertumbuhan sekunder. Sistem jaringan pembuluh, terdiri atas xylem, yang mengangkut air dan garam tanah, dan floem, yang mengangkut hasil fotosintesis. Sistem jaringan dasar merupakan jaringan yang membentuk dasar bagi tumbuhan namun sekaligus juga menunjukkan spesialisasi. Jaringan dasar utama adalah parenkim dengan semua variasinya; kolenkim, yakni jaringan berdinding tebal dan selnya tetap hidup; dan sklerenkim, yakni jaringan pengokoh utama dengan dinding tebal, keras dan seringkali terlignifikasi (berkayu) dengan sel yang biasanya mati (Estiti, 1995).

SmileyCentral.com
(KEPADA SAHABT/I., YANG INGIN MENDOWNLOAD SELURUH ISI-NYA SILAHKAN KLIK SALAH SATU PILIHAN DIBAWAH INI :

DOWNLOAD WITH 4SHARED 'KLIK'

DOWNLOAD WITH ZIDDU 'KLIK'

Bagikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Coment No Cry